4 Pertimbangan Sebelum Upgrade Versi Android

2 min read

Ponsel Android memang memiliki banyak sekali kelebihan yang ditawarkan kepada penggunanya. Seiring dengan perkembangan teknologi yang terjadi dengan sangat cepat biasanya Android ini juga terus menerus mengeluarkan versi terbarunya. Sebagai pengguna masa kini tentu Anda tak ingin ketinggalaan dengan versi terbaru dari Android untuk ponsel Anda. Android ini memang dapat terus menerus di update mengikuti versi terbaru yang telah diluncurkan. Tapi sebenarnya adakah dampatk-dampak negatif tertentu dari upgrade versi Android yang perlu diwaspadai?

Ketahui Beberapa Dampak Negatif dari Upgrade Versi Android

Dampak Negatif dari Upgrade Versi Android

Mengupdate ponsel memang bukan hal yang salah untuk dilakukan. Tindakan upgrading ini bisa dilakukan langsung dari ponsel maupun menggunakan bantuan PC. Cara upgrade OS Android dengan PC sendiri tidaklah sulit. Tapi perlu ada beberapa hal yang Anda waspadai karena bisa muncul sebagai dampak buruk dari tindakan upgrading seperti berikut:

  1. Hardware ponsel berhenti bekerja
    Tak jarang ada ponsel yang justru mengalami beberapa masalah setelah mengupdate OS Android ke versi terbarunya. Masalah ini bisa berupa tidak berfungsinya hardware tertentu yang ada pada ponsel. Kejadian tersebut akrab dikenal dengan istilah bug. Bug ini bisa terjadi contohnya seperti flash kamera yang tiba-tiba tidak berfungsi ketika digunakan untuk memotret maupun Radio yang tidak mau menyala meskipun sudah diaktifkan.
  2. Ponsel jadi lebih boros baterai
    Anda mungkin pernah mengalami ponsel menjadi lebih boros baterai setelah melakukan upgrade versi Android. Hal ini bisa terjadi karena upgrading Android seringkali menambahkan hal-hal baru ke dalam ponsel Anda yang membuat kerjanya menjadi semakin berat. Semakin banyaknya fitur baru membuat Anda dapat menjalankan banyak hal sekaligus. Akibat dari banyaknya aplikasi yang berjalan bersamaan di latar belakang ini membuat konsumsi baterai menjadi lebih besar dan baterai menjadi lebih cepat habis.
  3. Ponsel rawan terserang malware atau virus
    Ini adalah hal yang patut diwaspadai karena bisa berdampak buruk bagi ponsel Anda. Pada saat upgrading dilakukan bukan tidak mungkin ada virus atau malware yang merangsek masuk ke dalam ponsel Anda tanpa dapat ditangkal. Biasanya malware ini akan muncul berupa iklan-iklan yang tidak Anda inginkan dan cukup mengganggu ketika Anda membuka aplikasi tertentu. Untuk menangkal virus dan malware ini Anda bisa memasang aplikasi antivirus dan antimalware tertentu di ponsel milik Anda.
  4. Aplikasi tertutup sendiri secara tiba-tiba
    Hal yang satu ini pasti juga tidak jarang Anda alami ketika selesai menginstall aplikasi tertentu. Aplikasi yang tertutup secara tiba-tiba ini juga bisa terjadi karena proses upgrade versi Android yang Anda lakukan. Hal ini dikarenakan sistem operasi yang telah diperbarui ternyata tidak kompatibel dengan beberapa program aplikasi yang telah Anda miliki sebelumnya. Maka dari itu aplikasi menolak untuk terbuka dan langsung menutup dengan sendirinya. Solusinya Anda perlu mengupdate aplikasi tersebut atau menguninstall dan menginstallnya kembali untuk mendapatkan versi yang cocok dengan sistem operasi baru Anda.
    Melakukan upgrade versi Android memang sebaiknya tidak dilakukan sembarangan karena salah-salah justru Anda bisa kehilangan data-data penting yang ada di dalam ponsel. Lakukan prosesnya sesuai dengen prosedur dan pelajari dulu tentang sistem operasi terbaru yang ingin Anda update. Sebenarnya Anda pun tak perlu selalu update dengan versi terbaru Android untuk tetap bisa menggunakan berbagai fungsi dan fiturnya dengan lancar. Dan perlu diingat bahwa tidak semua sistem operasi yang baru juga cocok dengan spesifikasi ponsel yang Anda miliki.
  5. Jika terjadi masalah atau ada kendala saat melakukan proses upgrade, jangan panik dan tetep tenang. Cari solusi dan masalahnya dimana dulu, tetapi kalau kalian sudah mentok dan tidak mempunyai cara lagi, kalian bisa mencoba untuk melakukan flash smartphone kalian supaya normal kembali.

Itulah 4 poin penting yang harus kalian pertimbangkan sebelum melakukan upgarde versi android ke versi terbaru, sudah banyak sekali tutorial di internet yang membahas tentang cara upagarde versi os android ke versi terbaru dengan aman dan baik. Silahkan kalian pilih satu tutorial saja, biar tidak jadi masalah saat melakukan update, sekian saja artikel ini semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *