Pengenalan Pascal: Struktur Bahasa Pemerograman Pascal

3 min read

Pengenalan Pascal: Struktur Bahasa Pemerograman Pascal – Pengertian bahasa pemerograman pascal, pascal merupakan bahasa yang sangat populer di dunia programmer, terlebih karena di gunakan sebagai bahasa untuk mengajarkan pemrograman terstruktur bagi para mahasiswa di berbagai perguruan tinggi, baik di Indonesia maupun negara lainnya. Sebagai bahasa pemrograman yang terstruktur, bahasa ini menyediakan sejumlah kontrol berupa ( REPEAT WHILE dan FOR) serta mendukung pembuatan program yang tersusun atas sejumlah blok-blok kecil (yang di kenal dengan sebutan rutin pada berbagai bahasa pemrograman). Blok-blok kecil ini dapat dipakai untuk membentuk blok yang lebih besar, dan secara keseluruhan membentuk program kerja. Keuntungan dari pemrograman terstruktur, program mudab di buat, di pahami dan di kembangkan.

Pengenalan Pascal: Struktur Bahasa Pemerograman Pascal

Pencipta bahasa Pascal adalah Niklaus Wirth (EidgenOssische Technishe Hochshule, Zurich, Swiss). Nama Pascal sendiri diambil untuk mengenang dan mengabadikan seorang matematikawan Perancis bernama Blaise Pascal (1623-1662), penemu mesin penjumlah mekanis yang pertama kali.

Bahasa Pascal lahir sebagai hasil pengembangan dari bahaza ALGOL-60. Versi pertama Pascal muncul pada tahun 1970 dan laporan pertama mengenai bahasa inj baru di publikasikan pada tahun 1971. Pada tahun 1974, buki berjudul Pascal User Manual and Report di publikasikan. Buku ini di tulis oleh Niklaus Wirth dan Kathleen Jensen.

Kepopuleran Pascal berkembang seiring dengan berkembangnya PC. Pada platform ini terdapat sejumlah kompiler Pascal. Salah satunya Turbo Pascal, yang di keluarkan oleh Borland International. Turbo Pascal telah mengalami perubahan semenjak versinya yang pertama. Tercatat pada tahun 1992, Turbo Pascal versi 7.0 telah dirilis.

Yang menarik, Turbo Pascal bukanlah sekedar kompiler. Turbo Pascal menyediakan suatu lingkungan terpadu (IDE, Integrated Development Environment), yang di antaranya berisi:

  1. Kompiler (untuk mengkompilasi program menjadi suatu objek yang dipahami oleh komputer)
  2. Debugger (untuk mencari kesalahan program)
  3. Editor (untuk membuat program)
  4. Linker (untuk menggabungkan file objek dan file pustaka serta membentuk file executable)

Kompiler (+Linker) yang tersedia dapat dipakai untuk mengkompilasi program menjadi file yang executable (dapat di eksekusi secara langsung dari prompt DOS). Namun demikian pemrograman juga dapat memilih agar kompilasi dilakukan ke memori, sehingga pembuatan dan pengujian program dapat dilakukan dengan cepat. Hal ini sangat bermanfaat pada masa pembuatan/pemodifikasian program.

Sebagai perluasan dari pengembangan program secara modular (tersusun atas sejumlah modul), Turbo Pascal juga memungkinkan pemrograman untuk membuat suatu pustaka yang berisi sejumlah prosedur,fungsk ataupun elemen-elemen yang lain, yang si kompilasi secara terpisah. Kemudian pustaka-pustaka tersebut dapat di pergunakan oleh suatu program tanpa perlu melibatkan kode/program sumbernya. Modul seperti ini biasa disebut unit.

Semenjak versi 5.5, Turbo Pascal menyediakan kemampuan pemrograman berorientasi objek (PBO). Pemrograman berorientasi objek yang terkenal dengan sebutan OOP (Object-Oriented Programming) merupakan suatu metode pemrograman yang akhir- akhir ini sangat populer. OOP atau PBO mengkombinasikan data dan fungsi atau prosedur uang mengakses data menjadi suatu wadah yang di sebut objek. Metode pemrograman ini di rasakan dapat mengatasi kesulitan yang timbul pada pemrograman yang besar dan kompleks,sehingga dapat meningkatkan produktifitas pemrograman.

Turbo Pascal merupakan bahasa pemrograman uang serbaguna. Anda dapat mengunakannya untuk tujuan komputansi, pembuatan permainan (game) ataupun masalah masalah

Struktur Bahasa Pascal

Berikut ini contoh struktur bahasa pemerograman pascal:
==========================================================================
program <judul program>
uses <data unit>
 <deklarasi>
begin
     <statemen – statemen>
end.
==========================================================================

1. Judul

Struktur bahasa pascal <judul program> adalah judul untuk menamai program. biasanya judul program ini harus sama dengan nama program (nama file program)

 Program <judul program>;
 Uses <unitnya>;

2. Daftar Unit

Struktur bahasa pascal <daftar unit> berisi unit yang digunakan dalam program . untuk membatasi unit satu dengan yang lain menggunakan tanda koma. contoh penggunaanya adalah :

==========================================================================
uses
crt,dos;
==========================================================================

3. Bagian Deklarasi

Struktur bahasa pascal <bagian deklarasi> berisi macam macam deklarasi yang berfungsi memberi tahukan kepada program bahwa ada ekspresi tertentu. meliputi

  • deklarasi tipe data’
  • deklarasi konstanta
  • deklarasi prosedur
  • deklarasi fungsi
  • deklarasi label

sebagai gambaran kepada anda tentang apa itu deklarasi dalam pascal ?bayangkanlah ada pembagian sembako gratis. ada seseorang yang ingin menerimanya, sebut saja si A. ia tidak akan menerima sembako apa bila panitia pembagian sembako tidak tahu ada dirinya. maka dia harus mendeklarasikan diri dengan mendaftarkan dirinya ke panitia.

Label <namalabelnya>;
Const <nama=nilai constantanya>;
Type <namatype;typedatanya>;
Var <nama_variabelnya>;
Procedure <nama_prosedurnya>;
Function <nama_fungsinya>;

contoh penggunaanya adalah:
==========================================================================
{deklarasi tipe data}
type
larik = array[1…100] of integer;

{deklarasi konstanta}

const
 N =100;

{deklarasi variable}
var
a:integer;
b:string;
c:real;
==========================================================================

3. Bagian Pernyataan / Statment

Struktur bahasa pascal <statemen-statemen> merupakan perintah perintah yang akan dituliskan. statemen-statemen ini harus berada di antara ekspresi begin dan end begin dan end adalah kode yang wajib untuk ada dalam program komputer yang menggunakan bahasa pascal. karena dalam struktur bahasa pemrograman pascal di situlah inti dari pemrograman pascal.

Contoh program:
Begin
<pernyataan-pernyataan>;
End.

Listing Programnya.

Uses crt;
Begin
Writeln(‘Saya’);
Write(‘Belajar’);
Writeln(‘Turbo’);
Write(‘Pascal’);
Write(‘Versi 7.0’);

End.

Kemudian Tekan tombol Ctrl F9 untuk mengeksekusi program (RUN).
Tekan F5 untuk melihat hasilnya.

Makan hasilnya akan menampilan tulisan seperti ini di layar monitor kamu:

  Saya
  Belajar Turbo
  Pascal Versi 7.0

Mungkin di cukupkan sekian saja, semoga artikel Pengenalan Pascal: Struktur Bahasa Pemerograman Pascal bisa bermanfaat bagi kalian yang sedang belajar bahasa pemerograman, khususnya pascal.

Anekdot: Struktur Teks Anekdot

Struktur teks-anekdot dari anekdot teks adalah diskusi pada bahan populer bahasa Indonesia, teks ini biasanya dapat ditemukan di berbagai media teks anekdot memiliki pengertian...
Adi Lesmana
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *