Flash Smartphone: Cara Flash Hp Android Tanpa PC

2 min read

Cara Flash Smartphone Android TAnpa Menggunakan Komputer

Cara Flash Smartphone Android Tanpa Menggunakan PC / Komputer Secara Lengkap dan Anti Bootlop – Permasalahan sering yang dialami oleh ponsel android memang bisa dibilang cukup beragam. Setiap tipe smartphone juga biasanya memiliki masalahnya sendiri. Tidak terkecuali untuk smartphone bertipe android seperti yang Anda miliki. Biasanya masalah yang paling sering dialami untuk ponsel bertipe android adalah terjadinya bootlop hingga terjadi hang atau hanya stop di logo smartphone. Apabila masalah tersebut sampai terjadi maka dipastikan akan membuat Anda pusing sendiri. Untungnya, masalah tersebut bisa segera diselesaikan dengan cara melakukan flash pada ponsel android tersebut.

Sebelum melakukan flash, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangan melakukan flash pada smartphone, saya sebelumnya sudah membahas tuntas masalah ini pada artikel “Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Flash Smartphone” dimana terdapat beberapa poin penting yang perlu kamu pikirkan dan pertimbangkan lagi. Jika sudah mengetahuinya kamu bisa langsung memflash smartphone android kamu sekarang tanpa harus ragu lagi.

Berikut tips melakukannya flash smartphone tanpa menggunakan komputer

Menggunakan Fitur Recovery


Tips dan cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk memflash android kamu adalah dengan menggunakan fitur recovery seperti yang satu ini, dimana fitur recovery ini sudah ada di dalam sistem os ponsel android kamu. Bisa dibilang, ini adalah aplikasi sistem android yang sangat memudahkan bagi kamu yang ingin membersihkan atau memperbaiki ponsel android yang yang bermasalah. Lebih tepatnya untuk bisa melakukan proses flashing pada smartphone tanpa harus repot-repot menggunakan komputer atau PC. Selain itu, setiap smartphone android juga biasanya sudah dilengkapi dengan aplikasi Fitur Recovery bawaan seperti yang satu ini.

Untuk Tutorial Flashnya, Silahkan Baca di Artikel: Cara Flash Smartphone Android Menggunakan SP Flash

Namun sebelum melakukan flash smartphone menggunakan fitur recovery ini maka ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Hal paling utama yang mesti diperhatikan adalah Anda harus terlebih dulu menyimpan atau melakukan back up data terlebih dulu. Soalnya yang paling ditakutkan dalam melakukan proses ini adalah hilangnya berbagai data penting. Solusinya adalah dengan menyimpan data-data penting tersebut terlebih dulu baik di ponsel lain maupun di komputer.

Ketahui Manfaat Melakukan Flashing pada Smartphone Android

Setelah Anda mengetahui cara melakukan flashing smartphone tanpa menggunakan PC maka hal penting berikutnya yang mesti diketahui adalah manfaatnya. Soalnya dengan mengetahui manfaatnya maka Anda bisa mengetahui lebih detail dari melakukan flashing ini. Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan adalah membuat sistem file android tersebut menjadi lebih baru. Hal ini disebabkan karena Anda melakukan flashing maka sistem android yang digunakan akan dikembalikan seperti semula. Kondisi tersebutlah yang membuat ponsel android seperti baru lagi. Mulai dari sistem kerjanya yang lebih cepat, lebih ringan dan juga lebih mudah digunakan. Sesuatu yang tentunya hanya bisa didapatkan ketika Anda membeli ponsel Android yang masih baru.

Manfaat berikutnya dari melakukan flash smartphone android adalah ponsel android tersebut akan kembali seperti nomal seperti sedia kala. Seperti yang diketahui bahwa dengan seiring berjalannya waktu menggunakan ponsel android maka berbagai perubahan seringkali dilakukan. Mulai dari perubahan sistem hingga perubahan aplikasi. Perlu diketahui bahwa segala perubahan tersebut nyatanya sangat mempengaruhi performa dari ponsel Android yang dimiliki. Kondisi tersebutlah yang kemudian menjadi awal mula dari berbagai masalah android yang bisa diselesaikan dengan melakukan flashing.


Manfaat terakhir yang bisa Anda dapatkan dengan flash smartphone adalah akan memperbaiki bug atau eror yang terjadi pada sistem. Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa bug adalah masalah utama yang seringkali ditemui pada ponsel Android. Untungnya, hal tersebut tidak perlu Anda alami lagi apabila Anda melakukan flashing ini. Hanya saja pastikan terlebih dulu bahwa ponsel android Anda memang membutuhkan proses yang satu ini.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara flash smartphone android tanpa PC dan juga manfaatnya. Jadi apabila ponsel android yang Anda miliki ternyata mengalami masalah maka jangan khawatir berlebihan dulu. Siapa tahu, masalah tersebut bisa diselesaikan apabila Anda menggunakan cara yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *