Cara Meningkatkan Performa FPS (Frames per Second) di Game

5 min read

GAME FPS HD

Kinerja permainan diukur dalam “frame per detik,” atau FPS. FPS Kualitas tinggi memberik performa kelancaran gameplay, sementara FPS dengan kualitas rendah lebih mirip tampilan slide dan bisa juga lag saat bermain. Berikut ini cara meningkatkan Performa FPS saat bermainan PC apa pun dan tingkatkan Performa FPS di game mobile android favorit Anda supaya tidak Lag.

Secara umum, Anda akan menginginkan setidaknya 30 FPS untuk gameplay yang halus. Tetapi lebih jelas lebih baik Anda akan melihat permainan terlihat jauh lebih mulus pada 60 FPS.

Cara Melihat Performa Game FPS


Banyak game yang terintegrasi dengan penghitung FPS, tetapi hampir selalu dinonaktifkan secara default. Untuk melihat FPS menggunakan opsi dalam game, Anda harus melihat-lihat menu pengaturan grafis gim atau menu opsi lanjutan. Jika Anda tidak dapat menemukannya, lakukan pencarian web untuk nama permainan dan “lihat FPS” untuk melihat informasi lebih lanjut tentang permainan tertentu.Misalnya, untuk melihat FPS Anda di Fortnite, buka Menu> Pengaturan> Video, lalu aktifkan opsi “Tampilkan FPS” di bagian bawah layar. Untuk melihat FPS Anda di Overwatch, klik Opsi> Video, dan kemudian aktifkan opsi “Tampilkan Kinerja Statistik”. Untuk menampilkan FPS di DOTA 2, arahkan ke Dasbor> Perlengkapan> Opsi> Ke Opsi Lanjutan, lalu aktifkan opsi “Informasi Jaringan Display”.

Anda akan melihat meter FPS kecil di suatu tempat di layar Anda. Setiap pertandingan menunjukkannya dalam posisi yang berbeda.

Cara meningkatkan kualitas performa FPS di Game

Steam memiliki overlay FPS-nya sendiri yang dapat Anda gunakan dalam game apa pun di perpustakaan Anda. Jika Anda bermain game di Steam, klik Steam> Settings> In Game, klik kotak di bawah “Kontes FPS Dalam Game,” dan pilih posisi untuk penghitung FPS di layar Anda. Anda akan melihat hamparan FPS untuk semua game yang Anda mainkan di Steam.

Cara meningkatkan kualitas performa FPS di Game

Anda juga akan menemukan opsi untuk melihat game FPS apa pun di alat lain seperti NVIDIA GeForce Experience dan FRAPS .

Tingkatkan FPS Anda dengan Memperbarui Driver Anda

Sangat penting untuk memiliki driver grafis terbaru untuk perangkat keras grafis komputer Anda, atau GPU. Produsen prosesor grafis seperti NVIDIA, AMD, dan bahkan Intel secara teratur merilis versi baru driver grafis yang dioptimalkan untuk membuat game baru bermain lebih baik. Anda harus terus memperbarui driver grafis Anda untuk kinerja permainan maksimal , terutama jika Anda memainkan game yang lebih baru.

Dapatkan driver terbaru dari NVIDIA , AMD , atau Intel , tergantung pada perangkat keras grafis yang dimiliki PC Anda. Installer driver ini termasuk alat yang secara otomatis memeriksa pembaruan untuk membantu menjaga driver Anda diperbarui di masa depan.

FPS Game NIVIDA

Jika Anda tidak yakin apa yang GPU komputer Anda miliki, Windows 10 membuatnya mudah untuk diperiksa. Untuk melihat nama GPU komputer Anda, buka Task Manager dengan mengklik kanan taskbar Anda dan pilih “Task Manager.” Klik opsi “More Details” jika Anda melihat jendela kecil. Klik tab “Performance” dan cari “GPU” di sebelah kiri untuk melihat jenis GPU yang dimiliki sistem Anda.

Jika Anda melihat GPU Intel bersama dengan NVIDIA atau AMD GPU di sini, komputer Anda memiliki NVIDIA atau AMD GPU yang kuat untuk bermain game dan GPU Intel yang hemat daya untuk tugas-tugas lainnya. Anda harus memperbarui driver NVIDIA atau AMD Anda untuk kinerja permainan maksimal, meskipun Anda juga harus memperbarui driver grafis Intel Anda.

Cara meningkatkan kualitas performa FPS di Game

Pada Windows 7, Anda dapat menemukan nama GPU sistem Anda di alat dxdiag . Untuk membukanya, tekan Windows + R, ketik “dxdiag” di kotak run, lalu tekan Enter. Klik tab “Tampilan” dan lihat di sebelah kanan entri “Nama” di bagian “Perangkat”.

Cara meningkatkan kualitas performa FPS di Game

Grafis Intel sering disebut “grafis terintegrasi” karena itu terintegrasi langsung ke CPU komputer. Sementara grafis terintegrasi menggunakan lebih sedikit daya, itu tidak akan memberikan mendekati kinerja NVIDIA modern atau AMD GPU saat bermain game. Grafik Intel mungkin masih tampil oke, terutama jika Anda memiliki salah satu GPU Intel terbaru dan Anda memainkan game yang lebih lama atau game yang lebih baru pada pengaturan yang lebih rendah.

Jika driver grafis Intel terbaru menolak menginstal pada PC Anda dan Anda melihat pesan seperti “driver yang diinstal tidak divalidasi untuk komputer ini,” ada cara untuk melewati kesalahan ini dan menginstal driver terbaru langsung dari Intel .

Baca juga: Cara Mudah Memilih GPU yang Cocok buat Game di Komputer

Tingkatkan FPS Anda dengan Tweaking Pengaturan Grafis

Semakin tinggi pengaturan grafis gameplay dengan kata lain, semakin banyak detail grafis yang Anda lihat dalam game semakin rendah FPS Anda. Jika Anda membutuhkan lebih banyak FPS dalam game, cara termudah untuk mendapatkannya adalah dengan mengurangi kesetiaan grafis Anda. Permainan tidak akan terlihat cantik, tetapi akan berjalan lebih cepat dan lebih lancar.

Setiap permainan memiliki opsi grafisnya sendiri. Untuk menemukannya, buka menu Opsi permainan dan cari kategori seperti “Grafik” atau “Video.” Anda dapat mengubah pengaturan individu atau hanya menggunakan preset. Misalnya, Anda dapat menurunkan pengaturan grafis gim dari Tinggi ke Sedang atau Rendah untuk meningkatkan FPS Anda.

Anda juga dapat menurunkan resolusi layar permainan, yang akan membuat gambar terlihat kurang tajam, tetapi meningkatkan FPS. Opsi ini mungkin terletak di menu opsi “Video” yang terpisah dari menu pengaturan “Grafik” di beberapa game.

Banyak permainan yang lebih lama tampil sedikit lebih baik ketika mereka disetel ke mode “layar penuh” eksklusif alih-alih mode “Windowed”, “Full screen (windowed)”, atau “Borderless windowed”, jadi Anda juga dapat mencoba mengaktifkan mode layar penuh untuk melihat apakah itu meningkatkan FPS permainan.

Cara meningkatkan kualitas performa FPS di Game

Beberapa alat dapat secara otomatis mengatur pengaturan grafis game PC Anda , memberi Anda kombinasi grafis dan kinerja yang optimal tanpa mengotak-atik apapun.

Jika Anda memiliki perangkat keras NVIDIA, sebaiknya gunakan NVIDIA GeForce Experience, yang disertakan dengan driver grafis Anda. Cukup luncurkan aplikasi GeForce Experience dari menu Start Anda dan Anda akan melihat daftar game yang telah Anda instal. Pilih permainan dan klik tombol “Optimalkan” untuk secara otomatis menggunakan pengaturan yang direkomendasikan NVIDIA untuk permainan tersebut berdasarkan perangkat keras sistem Anda.

Bahkan jika Anda ingin men-tweak pengaturan Anda secara manual, optimasi GeForce Experience adalah titik awal yang baik. Anda masih bisa masuk ke pengaturan game dan menyesuaikannya setelah menggunakan alat optimasi seperti ini.

Cara meningkatkan kualitas performa FPS di Game

Pastikan Game Berjalan pada GPU Anda yang Kuat

Jika Anda memiliki GPU Intel terpadu dan NVIDIA atau AMD GPU, Anda harus memastikan bahwa game yang Anda butuhkan berjalan di NVIDIA atau perangkat keras AMD dan bukan perangkat keras Intel yang lebih lambat.

Sebagian besar game seharusnya secara otomatis diluncurkan pada GPU yang lebih kuat. Namun, beberapa game dapat menggunakan GPU yang lebih lambat secara default, menghasilkan FPS yang secara misterius rendah.

Anda memilih GPU mana yang digunakan game pada Windows 10 versi terbaru dengan menuju ke Sistem> Pengaturan> Tampilan> Pengaturan grafis. Task Manager juga menunjukkan kepada Anda GPU mana yang digunakan aplikasi.

Cara meningkatkan kualitas performa FPS di Game

Untuk PC dengan Windows 7 atau versi Windows 10 yang lebih lama, Anda dapat menyesuaikan GPU mana yang digunakan permainan di panel kontrol driver grafis Anda. Misalnya, pengguna NVIDIA dapat menetapkan aplikasi ke berbagai GPU di Panel Kontrol NVIDIA .

Lebih Banyak Tips Untuk Meningkatkan FPS

Berikut adalah beberapa tips lain untuk meningkatkan FPS Anda di game PC:

Tutup Aplikasi Latar Belakang : Hanya ada begitu banyak CPU, GPU, dan sumber daya disk untuk digunakan. Jika aplikasi latar belakang menggunakan sumber daya, lebih sedikit sumber daya yang tersedia untuk gim yang Anda mainkan, yang berarti FPS yang lebih rendah. Tutup aplikasi latar belakang — terutama aplikasi yang menggunakan banyak sumber daya — saat bermain game. Anda dapat memeriksa aplikasi mana yang menggunakan jumlah sumber daya sistem yang terlihat dari Task Manager, jika Anda suka.

Pasang Laptop Anda (Charger) : Pasang laptop Anda saat bermain game. Windows biasanya “throttles” perangkat keras Anda dan membuatnya bekerja lebih lambat pada daya baterai untuk menghemat energi, sehingga mencolokkan dapat secara dramatis meningkatkan FPS Anda.

Hindari Perekaman Gameplay : Jika PC Anda diatur untuk merekam permainan secara otomatis dengan fitur seperti Game DVR Windows 10 atau NVIDIA ShadowPlay , ini akan mengurangi FPS Anda. Nonaktifkan fitur perekaman permainan dan Anda akan melihat FPS yang lebih tinggi.

Coba Game Mode : Windows 10 memiliki ” Game Mode ” yang secara otomatis tidak memprioritaskan tugas-tugas latar belakang dan memberikan lebih banyak sumber daya untuk permainan saat Anda memainkannya. Untuk mengaktifkan Mode Game untuk gim individu, tekan Windows + G untuk membuka Bilah Game saat berada dalam gim, dan klik ikon “Modus Game” di sisi kanan bilah game yang muncul. Kami belum melihat peningkatan besar dengan fitur ini, tetapi layak dicoba. Berdasarkan pengujian kami, kami tidak menyarankan untuk menggunakan sebagian besar alat penguat permainan pihak ketiga .

Cara meningkatkan kualitas performa FPS di Game

Overclock Perangkat Keras Anda : Jika Anda ingin membuat perangkat keras yang ada berjalan lebih cepat, Anda dapat mengoverclocknya. Anda dapat meng – overclock GPU dan CPU Anda , meskipun overclocking GPU akan lebih penting untuk FPS di sebagian besar game. Perhatikan bahwa overclocking membuat komputer Anda menggunakan lebih banyak daya dan menjalankan lebih panas, sehingga dapat merusak perangkat keras Anda atau hanya membuat sistem Anda tidak stabil saat overclock.

Restart PC Anda : Jika PC Anda bekerja sangat lambat dan FPS Anda lebih rendah dari biasanya tanpa alasan tertentu, coba restart PC Anda. Restart komputer Anda dapat memperbaiki segala macam masalah .

Tingkatkan Perangkat Keras Anda : Jika Anda tidak puas dengan FPS permainan bahkan setelah mengikuti semua tips lainnya, Anda selalu dapat memperbaikinya dengan membeli dan menginstal prosesor grafis yang lebih cepat atau hanya mendapatkan PC baru dengan perangkat keras yang lebih kuat. Tergantung pada gim dan perangkat keras PC Anda, CPU yang lebih cepat atau lebih banyak RAM juga dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *