4 Cara Meningkatkan FPS Game

1 min read

Bermain game bisa jadi salah satu sarana hiburan atau bahkan kebutuhan untuk banyak orang. Game bisa jadi obat stress hingga ladang penghasilan bagi mereka yang menekuninya secara sungguh-sungguh. Kesenangan serta kenyamanan ialah kunci penting saat bermain game.

Dalam dunia gaming sendiri terdapat istilah FPS yang merupakan singkatan dari Frame Per Second. FPS akan jadi pendukung kenyamanan kita saat bermain game, di mana makin tinggi FPS maka akan makin lancar pula grafik game yang dimainkan. Kebutuhan FPS standar umumnya ialah antara 30 hingga 60 FPS. Untuk mendapat FPS tinggi akan dibutuhkan hardware dengan spesifikasi tinggi pula, seperti laptop gaming yang canggih.

Tips dan Cara Meningkatkan FPS Game

Lalu, bagaimana jika laptop yang dimiliki tidak terlalu canggih? Solusinya adalah menerapkan aneka cara meningkatkan FPS game seperti di bawah ini.

  1. Tweaking Windows
    Cara pertama yang bisa dilakukan guna menambah FPS ketika bermain game adalah dengan Tweaking Windows. Ini merupakan cara yang ampuh dalam mengurangi hambatan yang kerap terjadi ketika kita bermain game. Selain itu, Tweaking Windows juga bisa mengurangi lemot pada laptop yang digunakan ketika bermain game.
  2. D3Doverrider
    Software satu ini terbilang ampuh dalam membantu kita meningkatkan FPS. D3Doverrider telah dibekali sistem Triple Buffering yang akan meningkatkan kinerja laptop ketika kita bermain game. Tripe Buffering tak sekedar jadi cara meningkatkan FPS game laptop namun juga membantu jika game yang dimainkan tiba-tiba mengalami lag.
  3. Rajin Update Driver VGA
    Cara meningkatkan FPS game yang berikutnya adalah rajin melakukan update pada driver VGA baik pada PC maupun laptop yang digunakan saat bermain game. Hal ini sangat penting mengingat VGA adalah salah satu komponen yang berpengaruh besar ketika kita bermain game. Pastikan PC ataupun laptop yang digunakan telah terinstall driver VGA dengan versi yang paling baru. Untuk mengeceknya, kita bisa lakukan melalui Device Manager lalu klik Display Adapter. Ada dua perusahaan besar yang terjun dalam bidang VGA gaming, keduanya adalah AMD serta Nvidia. Jika kita masih menggunakan laptop atau PC yang mengusung VGA onboard, maka sangat disarankan agar kita mengganti laptop dengan yang baru karena sudah banyak game yang tidak mendukung VGA onboard.
  4. Overlock Hardware
    Overclock ialah tindakan yang bertujuan dalam meningkatkan komponen dalam clock rate atau menjalankan komponen guna mendapat kecepatan lebih tinggi dibanding kecepatan dasarnya. Overclocking hardware biasanya akan dilakukan pada CPU atau bisa juga pada GPU. Misalnya, kecepatan prosesor awal ialah sebesar 2.5 GHz, setelah dilakukan overclocking maka kecepatan akan meningkat menjadi 3.0 GHz. Proses overclocking biasanya akan menggunakan BIOS atau software tambahan seperti MSI Afterburner, SetFBS maupun Rivatuner. Namun, melakukan overclocking ini akan memiliki resiko, yaitu komponen di dalamnya akan cepat rusak serta mudah panas. Walau demikian, nyatanya tidak sedikit orang yang tetap rela melakukan overclocking agar bisa mendapat FPS yang nyaman.

Itulah 4 cara meningkatkan FPS game yang bisa dilakukan karena hasilnya dijamin ampuh. Selain menggunakan aneka cara di atas, tidak bisa dipungkiri bahwa kemampuan dari hardware patut pula diperhatikan.

Ini karena performa dari hardware yang digunakan akan berpengaruh besar pada kinerja ketika bermain game. Adanya hardware yang mumpuni serta cara-cara meningkatkan FPS yang ampuh akan memberi pengalaman bermain game yang mengasyikkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *