Cara Mendapatkan MacOS Mojave-Style Desktop Stacks pada Windows

4 min read

Desktop adalah tempat yang nyaman untuk menyimpan file, tetapi dapat dengan cepat menjadi berantakan. macOS Mojave menyelesaikan ini dengan fitur “Desktop Stacks”, yang secara otomatis mengatur file Anda ke dalam tumpukan. Anda bisa mendapatkan sesuatu yang serupa di Windows juga.
Kami akan menggunakan perangkat lunak Fences populer Stardock untuk ini. Pagar memungkinkan Anda mengatur ikon desktop Anda ke berbagai area “berpagar” yang berbeda. Meskipun Anda dapat secara manual menyeret dan melepas ikon di antara pagar, Pagar juga menawarkan aturan organisasi otomatis – dan Anda dapat menggulung pagar ini untuk menyembunyikan ikon mereka yang disertakan untuk tampilan desktop yang lebih bersih, seperti bagaimana Stacks bekerja pada macOS Mojave. Pagar menyediakan banyak fitur hebat lainnya. Tumpukan juga tidak bisa cocok.
Cara Membuat Stacks-Style Fences (Pagar)

Unduh dan instal Fances untuk memulai. Stardock mengenakan biaya $ 10 untuk Pagar, tetapi juga menawarkan uji coba 30 hari gratis sehingga Anda dapat melihat apakah Pagar layak untuk Anda. Pagar juga tersedia sebagai bagian dari perangkat lunak Microsoft Desktop . Object Desktop juga mencakup aplikasi lain yang berguna seperti WindowBlinds untuk menginstal tema desktop Windows .
Anda dapat mulai dengan Stardock’s yang direkomendasikan Stardock atau membuat Fances sendiri, apapun yang Anda suka.
Untuk membuat Fances baru, cukup gambar di desktop Anda dengan mouse. Dengan kata lain, klik kiri desktop Anda, tahan tombol mouse ke bawah, gambar persegi panjang atau persegi, dan lepaskan kursor mouse Anda. Pilih “Create Fance here” di menu yang muncul.
Sebutkan Fance apa pun yang Anda suka. Misalnya, jika ingin Fance yang berisi semua gambar yang diunduh, kami dapat menamainya “Images,” “Pictures,” atau “Photos.”
Tentu saja, Anda dapat membuat Fance untuk mengatur desktop Anda sesuka Anda. Untuk tujuan kami di sini, kami akan membuat pagar yang sesuai dengan berbagai jenis file yang ingin kami atur.
Ulangi proses ini untuk membuat Fance tambahan untuk jenis file yang berbeda. Misalnya, kita bisa membuat Fance untuk file “Dokumen,” “Program,” dan “Musik & Video”.
Posisikan Fance di mana pun Anda menginginkannya di desktop Anda dengan menyeret dan menjatuhkan batang judulnya.
Anda dapat mengatur Fance Anda sendiri secara manual dengan menyeret dan menjatuhkan ikon dari desktop Anda ke berbagai pagar, jika Anda suka. macOS Mojave tidak mengizinkan Anda melakukan ini. Tetapi, jika Anda ingin organisasi otomatis, lanjutkan.
Untuk menghapus Fance, arahkan kursor mouse ke atasnya dan klik ikon “x” di sisi kanan bar judul pagar.
Bagaimana Mengatur Ikon Desktop Anda Secara Otomatis
Selanjutnya, kami akan menyiapkan beberapa aturan organisasi. Untuk membuka jendela konfigurasi pagar, klik kanan desktop Windows Anda dan pilih perintah “Configure Fences”.
Pilih “Sorting & Organizing” di sebelah kiri. Opsi di sini memungkinkan Anda mengonfigurasi di mana ikon baru yang Anda tambahkan ke desktop ditempatkan. Anda juga dapat menerapkan aturan Anda ke semua ikon desktop saat ini juga.
Untuk pagar sederhana berbasis-jenis file, aktifkan kotak centang di bawah “Aturan berbasis-jenis,” dan kemudian pilih pagar yang Anda inginkan untuk menempatkan jenis file yang berbeda. Misalnya, untuk menempatkan file gambar ke dalam pagar gambar, aktifkan “Gambar “Kotak centang, klik” Pilih pagar, “dan kemudian pilih pagar yang Anda buat.
Anda juga dapat memilih apakah ikon baru akan muncul di awal pagar atau di ujung pagar. Agar mereka muncul di bagian atas, periksa ikon “Tambahkan ikon baru sebagai ikon pertama dari pagar target” setelah mengklik nama pagar di sini.
Jika Anda tidak melihat pagar muncul sebagai opsi di sini bahkan setelah membuatnya, tutup jendela konfigurasi pagar dan kemudian buka kembali.
Ulangi proses ini untuk memilih di mana Pagar menempatkan file Anda. Anda bisa benar-benar mahir melakukannya — misalnya, Anda dapat mengeklik “Kirim jenis file tertentu ke tempat yang berbeda” jika Anda ingin menetapkan aturan khusus ke ekstensi file tertentu.
Opsi lain di sini juga memungkinkan Anda menyortir file Anda secara otomatis berdasarkan apakah nama mereka mengandung teks tertentu, jam berapa mereka dibuat, atau apakah mereka memiliki ukuran file yang besar.
Di bagian atas jendela, Anda dapat memilih tempat semua ikon baru ditempatkan jika tidak cocok dengan aturan lain. Secara default, mereka pergi ke “desktop umum” dan tidak ditempatkan di pagar, tetapi Anda dapat memilih pagar khusus untuk mereka.
Anda bahkan dapat mengeklik opsi “Ubah urutan penerapan aturan” di bagian bawah jendela dan susun kembali aturan untuk mengontrol secara tepat bagaimana file Anda akan diatur.
Setiap aturan yang Anda buat berlaku untuk file baru ketika mereka ditempatkan di desktop Anda. Untuk menerapkan aturan Anda ke semua file yang saat ini ada di desktop Anda, klik “Apply rules now” di bawah Opsi tambahan di bagian bawah panel.
Fance akan merekomendasikan Anda untuk mengambil “snapshot” dari keadaan pagar Anda sebelum menerapkan aturan. Anda dapat menggunakan snapshot ini untuk membatalkan perubahan Anda. Untuk membuat snapshot, klik “Layout & Snapping” di panel samping, lalu klik “Take Snapshot” di bawah snapshot Layout.
Untuk memulihkan snapshot di masa mendatang, kembali ke sini, klik snapshot, lalu klik “Restore Snapshot.”
Bahkan setelah menerapkan aturan Anda, Anda dapat menyeret dan melepas ikon untuk mengatur ulang cara yang Anda sukai. Untuk menegakkan aturan Anda setiap saat, klik “Simpan aturan yang berlaku setiap saat” pada panel Sorting & Pengorganisasian. Pagar tidak akan membiarkan Anda menempatkan ikon secara manual ke dalam pagar yang berbeda lagi.
Cara Menggulung Pagar Anda Seperti Tumpukan (Roll Up Your Fences Like Stacks)

Ikon Anda sekarang akan diatur secara otomatis ke berbagai fance yang Anda tentukan. Untuk meminimalkan fance itu, maka mereka tidak akan mengganggu ketika Anda tidak mencari file-file Anda — seperti Stacks — klik-ganda bilah judulnya.
Anda kemudian dapat mengarahkan mouse ke tumpukan untuk melihat file yang disertakan atau klik dua kali judul bar untuk membukanya sekali lagi.
Jika Anda suka melihat desktop yang lebih bersih, tetapi tidak ingin menggulung pagar Anda, Anda juga dapat mengklik ganda desktop Anda kapan saja untuk menyembunyikan atau menampilkan semua ikon desktop Anda.
Anda Juga Dapat Menggunakan Fance untuk Mengatur Desktop Secara Manual
Ini hanyalah satu contoh dari sesuatu yang dapat Anda lakukan dengan Fance. Banyak pengguna Fance mengabaikan semua aturan otomatis ini dan hanya menggunakan Fance untuk mengatur pintas desktop dan file penting lainnya secara manual, dan Anda juga dapat melakukannya — atau beberapa kombinasi atau menggunakan aturan otomatis dan organisasi manual. Sebagai contoh, Anda mungkin ingin semua file baru untuk dipagari bernama “Baru” dan kemudian pindahkan saja di sekitar Anda.
Anda dapat menyesuaikan Fance lebih jauh dari jendela Configure Fences. Misalnya, Anda dapat memilih warna dan tampilan pagar Anda di panel Warna & tampilan.
Opsi “Folder Portal” sangat berguna dan memungkinkan Anda untuk melihat portal ke folder di Fance pada desktop Anda. Misalnya, Anda dapat membuat portal ke folder Unduhan, Dropbox, Google Drive, atau OneDrive di desktop Anda. Folder itu sebenarnya tidak akan disimpan di desktop Anda — tetapi Anda bisa melihat isinya di pagar di desktop Anda.
Secara keseluruhan, Fance adalah aplikasi yang sangat berguna, dan kami benar-benar hanya menyentuh fitur-fiturnya. Salah satu hal terbaik tentang itu adalah bahwa pagar selalu ingat bagaimana Anda mengatur ikon Anda. Jadi, setelah Anda menyiapkan sesuatu, Anda tidak perlu khawatir tentang Windows yang tiba-tiba mengatur ulang ikon Anda tanpa alasan.
Ket: Fance/Fances = dalama bahasa indo adalah Pagar.
Mungkin itulah Cara Menerapkan MacOS Mojave-Style Desktop Stacks pada Windows, semoga berhasil dan bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *