Cara Membuat Jaringan Wifi Adhoc Di Windows 10

2 min read

Cara Membuat Jaringan Wifi Adhoc Di Windows 10 – Kamu pasti pernah ingin membuat sebuah local network dengan menggunakan wifi dari windows 10. Berbeda halnya dengan windows 7, dan 8, maka pada windows 10 ini tidak ada menu wizard. Sebuah menu yang bisa memberikan Anda pilihan untuk mengatur adhoc secara manual. Oleh karena itu pada bahasan kali akan dibahas mengenai cara membuat jaringan ad hoc di Windows 10.

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan local network ini. Misalnya untuk sharing file, sharing printer, dan juga bermain game multiplayer. Jika Anda mau menggunakan wifi adhoc untuk transfer file, maka disini Anda bisa mengirim file besar sekaligus.

Tentu akan berbeda jika Anda menggunakan flashdisk. Misalnya ketika Anda ingin mengirim driver pack yang berukuran minimal 10GB. Jika dengan menggunakan flashdisk untuk ukuran dibawah itu Anda perlu memecah file kebeberapa bagian dulu. Namun jika dengan menggunakan adhoc maka Anda bisa untuk sekali kirim file.

Sebelum Anda melakukan konfigurasi jaringan adhoc pada windows 10, mari Anda ketahui dulu sepintas apa itu jaringan adhoc. Jaringan Adhoc merupakan salah satu jenis dari jaringan wireles local area network (WLAN). Sebuah jaringan yang terdiri dari sekumpulan node-node yang saling berkomunikasi satu dama lain. Setiap node pada jaringan Adhoc ini memiliki interface wireles. Node-node (komputer) yang ada dalam jaringan adhoc ini bersifat dinamis dan bisa berubah-ubah.

Adapula pengertian lainnya dari jaringan Ad Hoc yaitu salah satu jenis dari beberapa jaringan nirkabel yang terdiri dari sekumpulan node-node. Jaringan yang berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Komunikasi secara langsung tanpa harus melibatkan node perantara seperti halnya router atau access point.

Disebut sebagai sebuah jaringannya ad hoc karena jaringan diketahui ini tidak bergantung pada infrastruktur yang sudah ada sebelumnya. Seperti halnya router di jaringan kabel ataupun akses point di jaringan nirkabel.

Pada jaringan adhoc maka setiap node tidak hanya berfungsi sebagai pengirim dan juga penerima informasi. Tetapi diketahui juga berfungsi sebagai pendukung jaringan seperti router. Oleh karena itulah diperlukan sebuah routing protokol yang akan ditanamkan pada jaringan adhoc tersebut.

Baca Juga: Cara Melakukan Sharing File / Folder Pada Windows

Di windows 10 untuk membuat sebuah jaringan adhoc maka Anda harus lewat CMD. Disini nanti Anda hanya perlu mengetikkan beberapa perintah sampai adhoc siap dipakai. Setelah Anda mulai memahami tentang ad hoc maka sekarang akan mulai dibahas cara membuat jaringan adhoc di Windows 10. Membuat jaringan adhoc di windows 10 itu ternyata tidak semudah di windows 7.

Berikut ini cara dan langkah-langkah untuk membuat jaringan adhoc di windows 10.

  • Pastikan Driver WLAN Anda Mendukung Jaringan Ad hoc

Cara untuk mengeceknya, yaitu Buka CMD yang ada pada mode Administrator. Kemudian ketik CMD pada kotak pencarian atau search. Lalu klik kanan dan pilihlah run administrator dan ketik : netsh wlan show driver.

Cek juga pada bagian : Hosted Network Supported kalau sudah YES berarti komputer Anda sudah bisa disetting jaringan ad hoc. Tapi kalau masih NO berarti komputer Anda tidak support untuk hal ini.

  • Setelah memastikan komputer Anda sudah support dengan settingan jaringan ad hoc. Maka langkah selanjutnya yaitu setting SSID dan PASSWORD jaringan ad hoc Anda nantinya.                Caranya :Masih pada mode CMD administrator, lalu ketik : netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NAMA JARINGAN key=PASSWORD Cara Membuat Jaringan Wifi Adhoc Di Windows 10

Keterangan :

 

  • Isilah nama SSID Anda pada NAMA JARINGAN atau ganti sesuai keinginan

 

  • Isilah password Anda pada PASSWORD, untuk ini minimal 8 karakter
    Contoh : netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=sniffer key=admin1234
    Kalau isiannya sudah benar semua, maka akan ada pesan semua settingan successful. Ini artinya settingan jaringan ad hoc pada windows 10 Anda telah berhasil dilakukan.

 

  • Untuk langkah terakhir yaitu menjalankan settingan jaringan ad hoc yang telah Anda buat.
    Caranya yaitu masih pada mode CMD administrator, kemudian ketik : netsh wlan start hostednetwork

Karakteristik Jaringan Adhoc

Node pada jaringan adhoc itu tidak hanya berperan sebagai pengirim dan penerima data saja. Namun bisa juga berperan sebagai penunjang node yang lainnya. Misalnya yang mempunyai kemampuan selayaknya router. Berikut ada beberapa karakteristik pada jaringan Adhoc, yaitu:

  • Multiple wireles, setiap node itu mempunyai sifat mobility yang bisa memiliki beberapa interface yang terhubung ke beberapa node yang lainnya.
  • Dynamic Topology, karena sifat dari node mobile maka topologi jaringannya bisa berubah secara random atau acak. Sebagai akibatnya routing protocol ini akan mempunyai masalah yang lebih kompleks jika dibandingkan dengan jaringan wired dengan node yang tetap.
  • Limited Resources, seperti halnya jaringan wireles lainnya. Jaringan adhoc ini dibatasi oleh masalah daya dan juga kapasitas memori.

Windows 10 sekarang ini sudah banyak digunakan orang dalam beraktivitas di komputer. Memasang jaringan ad hoc di komputer ataupun laptop ditujukan untuk mempermudah kerja Anda selanjutnya. Mempermudah dalam transfer file dalam ukuran besar dan yang lainnya. Tanpa Anda harus memecah file, kalau melalui jaringan ad hoc maka file bisa langsung kirim meskipun ukuran file besar.

Nah, setelah semua berhasil dan Anda telah selesai membuat jaringan ad hoc di windows 10 dengan mudah. Untuk mengetestnya maka silahkan Anda hidupkan wireless pada komputer Anda yang lain untuk mengecek jaringan ad hoc yang telah Anda buat. Apabila bisa tersambung dengan baik dan aktif maka jaringan as hoc yang Anda buat telah berhasil Anda lakukan. Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *