Cara Membuat Bootable USB Windows Dengan WinToFlash

3 min read

Cara Membuat Bootable USB Windows Dengan WinToFlash

Cara Membuat Bootable USB Windows Dengan WinToFlash – Kalau dulu saat akan menginstal ulang windows, Anda pasti menggunakan CD atau DVD. Cara seperti itu sekarang sudah kuno, karena sekarang ini tidak semua komputer memiliki CD-ROM, terutama untuk netbook. Nah sekarang ini ada cara terbarunya yaitu dengan menjadikan USB flashdisk menjadi sebuah media bootable windows. Untuk bahasan kali ini akan diulas tentang cara membuat bootable USB Windows dengan menggunakan WinToFlash.

Daripada Anda membeli DVD external yang harganya cukup mahal, maka lebih baik menggunakan flashdisk. Ukurannya juga kecil, dan juga mudah dibawa kemana-mana. Dalam hal ini maaka Wintoflash bisa menjadi solusi untuk Anda yang akan menginstal ulang sistem operasi windows.

WinToFlash merupakan salah satu dari aplikasi gratis yang bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah bootable USB Windows dengan mudah dan cepat. Karena hanya dengan sebuah aplikasi WinToFlash maka Anda tidak memerlukan lagi sebuah CD/DVD untuk melakukan instalasi windows. Sebab hanya dengan sebuah Flashdisk atau USB Drive saja maka Anda bisa melakukan instalasi windows.

WinToFlash merupakan suatu software atau aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan proses bootable dengan menggunakan media USB Flashdisk. Komputer sebagai media yang Anda gunakan untuk membantu pekerjaan sehari-hari akan semakin vital saja fungsi dan kegunaannya. Bisa Anda bayangkan jika Anda merupakan pengguna komputer di masa lalu. Yang mana Anda harus menggunakan floppy disk sebagai sebuah media penyimpanan dan juga instalasi software.

Cukup beruntung jika masa tersebut telah lewat dan kemudian telah digantikan oleh media penyimpanan lain yang lebih praktis, seperti halnya USB. Dahulu Anda mungkin membutuhkan lebih dari 10 floppy disk untuk bisa menginstal satu Microsoft Office saja. Namun kini Anda bahkan bisa melakukan format ulang PC hanya dengan satu USB saja.

WinToFlash merupakan software yang bisa membantu Anda untuk mewujudkan kegiatan tersebut. Dengan aplikasi ini, maka Anda bisa melakukan booting terhadap berbagai macam aplikasi bahkan versi live Windows. Hanya berbekal pada media USB atau flashdisk Anda maka hal tersebut bisa terwujud.

Terdapat beberapa fitur yang bisa disematkan dalam aplikasi ini. Salah satu yang utama tentunya yaitu Anda bisa menggunakannya untuk menginstal sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan flashdisk. Aplikasi WinToFlash ini akan membantu Anda untuk mempersiapkan USB agar bisa digunakan sebagai media bootable untuk menginstal Windows di PC Anda. Anda bisa menginstal Windows mulai dari versi Windows XP sampai versi Windows terbaru, Windows 10. Dari tipe Windows Home sampai Ultimate, dari versi 32 bit sampai versi 64-bit.

Selain hal di atas, maka WinToFlash pun bisa Anda gunakan untuk membuat bootable USB bagi 10 versi Windows sekaligus. Mulai versi live dari sistem operasi Linux, versi offline antivirus dan juga bahkan CD recovery live. Kesemuanya itu bisa Anda akses dalam satu bootable USB flashdisk. Anda juga masih bisa untuk menambahkan deretan aplikasi lainnya yang ingin Anda akses dengan hanya satu USB bootable dengan bantuan aplikasi WinToFlash.

Baca Juga: Cara Membuat Jaringan Wifi Adhoc Di Windows 10

Jika Anda ingin menjalankan sistem operasi Windows meskipun saat ini Anda menggunakan sistem operasi lain dalam PC Anda. Maka hal tersebut tidak masalah. Anda cukup membutuhkan satu buah USB dan aplikasi ini. Kemudian aplikasi WinToFlash ini akan bisa membantu Anda untuk membuat Windows To Go. Hal ini yang bisa memungkinkan Anda untuk menginstal dan menjalankan sistem operasi Microsoft Windows secara fungsional. Dijalankan melalui USB flash atau harddisk drive yang telah Anda buat bootable-nya.

Kelebihan Membuat Bootable USB dengan WinToFlash

  1. Mampu untuk membuat Flashdisk menjadi bootable windows
  2. Penggunaan cepat dan juga mudah
  3. Tidak akan merusak kondisi flashdisk
  4. Multiboot USB drive

Paling disukai para pengguna dari WinToflash yaitu ada pada fitur Multiboot USB drive. Disini Anda bisa menggabungkan file instalasi windows dengan berbagai macam software lainnya dalam satu Flashdisk. Termasuk linux dan juga versi windows yang berbeda-beda. Sebelum Anda tambah pusing lagi, maka langsung saja Anda ikuti langkah-langkah cara untuk membuat USB bootable dengan menggunakan WinToFlash dibawah ini:

  •  Download WinToFlash yang terbaru
  • Kemudian instal seperti biasa dan juga jalankan WinToFlash
  • Pilihlah Windows Setup Bootable USB Wizard, lalu pilih NextCara Membuat Bootable USB Windows Dengan WinToFlash
  • Untuk tahap selanjutnya ini tergantung dari mana sumber File Windows yang Anda miliki. Kalau File instalasi windows nya berupa CD maka Anda bisa pilih “I have CD inserted into my computer”. Atau sebaliknya pilih “I have ISO image” jika Anda menggunakan file ISO windows.Cara Membuat Bootable USB Windows Dengan WinToFlash
  • Pada kolom Windows files path, maka pilihlah tombol Select yang ada tepat di sebelahnya dan carilah folder installasi windows. Karena disini menggunakan file ISO, maka yang dipilih yaitu file ISO dari windows nya.
  • Jika sudah selesai maka akan tampil info alamat folder tempat penyimpanan nya, kemudian klik Next untuk melanjutkan.Cara Membuat Bootable USB Windows Dengan WinToFlash
  • Selanjutnya nanti akan tampil informasi detailnya, kemudian pilihlah Next lagi.
  • Akan muncul sebuah peringatan flashdisk Anda akan di format. Hati-hati, dan juga pastikan semua data penting sudah di pindahkan. Selanjutnya pilih Cancel jika Anda ingin memindahkan datanya dulu, untuk melanjutkan lalu pilih “Continue”.
  • Kemudian pilihlah I do accept the terms of the license agreement. Selanjutnya klik ContinueCara Membuat Bootable USB Windows Dengan WinToFlash
  • Lalu tunggu prosesnya sampai selesaiCara Membuat Bootable USB Windows Dengan WinToFlash
  • Kini proses pembuatan bootable windows dengan menggunakan wintoflash sudah selesai, silahkan Exit dan sudah bisa langsung Anda gunakan.Cara Membuat Bootable USB Windows Dengan WinToFlash

Untuk menggunakannya, selanjutnya ubah boot device priority di BIOS menjadi USB Flashdisk atau Removeable Media. Sekedar untuk informasi, ada banyak software yang bisa Anda gunakan untuk membuat USB bootable windows. Semuanya memiliki fitur dan juga keunggulan masing-masing. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *