Cara Melakukan Sharing File / Folder Pada Windows

3 min read

Cara Melakukan Sharing File / Folder Pada Windows – File sharing merupakan sebuah sistem dimana beberapa orang bisa untuk berbagi file, folder atau dokumen yang dimilikinya. Di dalam komputer yang mana melalui jaringan komputer yang mereka gunakan. Sehingga, seseorang yang membutuhkan sebuah file dari orang lain tidak perlu untuk mendatangi orang tersebut untuk bisa mendapatkan file yang diinginkan. Pada kali ini akan dibahas cara melakukan sharing file dan folder di windows, sehingga hal tersebut bisa mempermudah pekerjaan Anda.

Penerapan dari file sharing ini seringkali dijumpai pada perusahaan yang menerapkan implementasi IT dalam kegiatan pekerjaannya. Apalagi jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang memiliki banyak cabang di berbagai negara. Penerapan file sharing dalam perusahaan tersebut biasanya akan dibantu oleh suatu server terpusat. Biasanya yang terhubung melalui sebuah jaringan internet yang aman.

Salah satu cara untuk menjaga keamanan jaringan komputer yang ada di perusahaan ini yaitu dengan menggunakan proteksi jaringan komputer yang terpercaya.

Berikut ini Cara Sharing File dan Folder di Windows 7, 8, dan 10 dengan Mudah

Mengaktifkan Fitur Sharing Folder di Komputer

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk sharing folder yaitu memeriksa apakah layanan “Share Folder” ini sudah terinstal pada Windows Anda. Caranya yaitu

  • Klik kanan pada logo Network di tray icon yang ada di sudut kanan bawah layar komputer Anda. Kemudian, pilih Network and Sharing Center.
  • Cara lainnya yaitu tekan Windows + R pada keyboard, kemudian ketik control panel. Selanjutnya pilih Network and Sharing Center.
  • Selanjutnya, Anda akan menemukan sebuah jendela berisi jaringan yang tersedia pada komputer Anda. Lalu pilih Local Area Conection jika Anda menggunakan jaringan LAN atau Wireless Network Connection jika Anda menggunakan wi-fi hotspot. Setelah itu pilih Properties.
  • Periksa kembali apakah pada tulisan File dan Printer Sharing for Microsoft Networks sudah diceklis atau belum. Jika sudah ada ceklis, maka tandanya fitur tersebut sudah diaktifkan.

Baca Juga: Cara Sharing Printer pada Windows 7,8 dan 10

Jika ternyata belum terceklis, maka Anda perlu menginstal fitur ini. Pilihlah File dan Printer Sharing untuk Microsoft Networks, kemudian klik Install.

Cara Mengatur Pengaturan Network Sharing pada Komputer

Sekarang, Anda harus mengatur pengaturan Network Sharing yang Ada pada laptop Anda. Berikut ini ada cara-caranya, yaitu

  1. Masih pada jendela Network and Sharing Center, selanjutnya klik tulisan Change advanced sharing settings pada bagian kiri layar.
  2. Pada jendela Advanced sharing settings, maka carilah profil yang sedang Anda pakai. Akan ada 2 profil yang tersedia, yaitu Home or Work dan Public.
  3. Pada bagian ini, maka Anda akan dihadapkan pada beberapa kategori pengaturan. Berikut ini beberapa penjelasan dari tiap kategori, yaitu:
  4. Network Discovery. Pilihan ini nantinya berfungsi untuk mengatur apakah komputer Anda bisa ditemukan oleh komputer lain atau tidak dalam jaringan yang Anda gunakan.
  5. File and Printer Sharing. Pilihlah Turn on file and printer sharing untuk bisa menyalakan pengaturan ini.
  6. Public Folder Settings. Janganlah Anda mengaktifkan pengaturan ini jika Anda sedang berada di jaringan umum. Kecuali jika Anda percaya akan keamanan dari jaringan tersebut.
  7. File Sharing Connection, untuk Windows 10 secara default telah mengatur enkripsi 128-bit untuk file sharingnya. Maka sebaiknya pilihlah that use 40 or 56-bit encryption.
  8. Password protected sharing, Untuk mempermudah aktivitas file sharing, maka sebaiknya jangan aktifkan pengaturan ini.

Pilih File yang Ingin di Sharing File

Selanjutnya, disini kamu sudah bisa melakukan sharing file maupun sharing folder di Windows,  berikut cara melakukannya:

Cara melakukan sharing file di windows

  • Bukalah Windows Explorer.
  • Kemudian pilih file yang ingin Anda share. Selanjutnya klik kanan pada file tersebut. Setelah itu pilih Share with > Specific people.Cara Melakukan Sharing File / Folder Pada Windows
  •  Setelah itu tambahkan user Everyone, kemudian klik Add. Jika Everyone sudah ditambahkan, selanjutnya klik “Share” .Cara Melakukan Sharing File / Folder Pada Windows
  •  Kemudian nanti akan muncul 2 pilihan, pilihlah Yes, turn on discovery and file sharing for all public networks. Hal ini untuk mengijinkan jaringan mengakses ke folder Anda.
  •  Selanjutnya nanti akan ada jendela konfirmasi bertuliskan Your Folder is Shared. Untuk bisa mengakhiri ini maka klik Done .Cara Melakukan Sharing File / Folder Pada Windows

Cara Sharing Folder / Local Disk (Driver) pada Windows

  • Buka Folder Explorer, kemudian pilih folder atau drive yang ingin di sharing. Setelah itu klik kanan pada folder / driver yang akan dishare, kemudian pilih Share with > Advanced Sharing.Cara Melakukan Sharing File / Folder Pada Windows
  • Secara otomatis akan terbuka tab baru, kemduian klik Advanced Sharing.Cara Melakukan Sharing File / Folder Pada Windows
  • Setelah itu kalian akan di alihkan ke tab Advanced Sharing untuk men ceklis box pada pilihan Share This Folder. Kemudian klik tombol Permissions untuk menambahkan user dan mengatur permission.Cara Melakukan Sharing File / Folder Pada Windows
  • Klik tombol Add jika kamu ingin menambahkan user atau grup, kalau saya cukup Everyone saja karena sudah mencakup semua. Kemudian atur permissions-nya. Setelah itu klik OK.Cara Melakukan Sharing File / Folder Pada Windows
  • Kemudian kembali lagi ke jendela properties, beralih ke tab security. Lalu klik tombol Edit untuk menambahkan user dan mengatur permissions.Cara Melakukan Sharing File / Folder Pada Windows
  • Akan muncul jendela Permissions. Untuk menambahkan user klik tombol Add.Cara Melakukan Sharing File / Folder Pada Windows
  • Akan muncul lagi jendela Select User or Group, klik tombol Advanced.Cara Melakukan Sharing File / Folder Pada Windows
  • Di bagian ini kamu bisa memilih user mana saja yang bisa mengakses data yang di share. Klik Find Now terlebih dahulu agar muncul daftar user-nya. Kemudian pilih saja Everyone. Klik OK.Cara Melakukan Sharing File / Folder Pada Windows
  • Pada kotak object names sudah terisi, kemudian klik OK.Cara Melakukan Sharing File / Folder Pada Windows
  • Kemudian atur permissionnya. Klik terlebih dahulu Everyone, kemudian atur permission sesuka Anda. Jika sudah klik OK.Cara Melakukan Sharing File / Folder Pada Windows

Disini Anda juga bisa menetapkan partisi atau drive baru sebagai partisi khusus untuk berbagi file. Jadi, jika komputer lain ingin meminta file yang Anda bagikan maka cukup mengakses partisi khusus yang Anda atur sebagai partisi untuk sharing file. Untuk melakukan hal tersebut, maka berikut ini beberapa langkah-langkahnya yaitu:

  •  Bukalah Windows ExplorerExpl
  •  Kemudian pilih This PC
  • Selanjutnya pilih Map Network Drive.
  •  Pada jendela yang muncul, maka Anda bisa memilih partisi dan share folder yang akan ditetapkan sebagai partisi baru. Ceklis juga Reconnect at logon jika memang Anda ingin partisi ini kembali muncul ketika Anda me-restart komputer ataupun laptop Anda.
  • Terakhir klik “Finish”

Mengecek Koneksi Jaringan Komputer

Untuk bisa mengecek apakah Anda sudah bisa melakukan file sharing dengan komputer lain, maka ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan diantaranya, yaitu:

  • Mengetikkan Internet Protocol (IP) address pada sebuah komputer yang ingin Anda akses filenya di kolom alamat Windows Explorer. Cara cek IP Address dari komputer rekan Anda yaitu coba cek Properties di Network and Sharing Center.
  •  Melalui menu Network yang ada di bagian kiri bawah Windows Explorer. Carilah nama komputer rekan Anda, lalu klik pada nama komputer rekan Anda. Jika nama komputer Anda tidak tersedia, maka tekan tombol F5 yang ada pada keyboard untuk me-refresh pencarian share folder pada jaringan yang Anda gunakan.
  • Atau kalian bisa melihat data apa saja yang di sharing dengan cara mengetikkan IP address dari komputer yang melakukan sharing tersebut. Pada address bar kamu, contoh ketikan \\192.168.56.120. IP address tentunya sesuaikan dengan yang IP yang kalian gunakan.

Inilah seputar cara sharing file atau folder pada windows. Sekarang ini aktivitas menggunakan komputer ataupun laptop itu sudah sangat lumrah dilakukan zaman sekarang ini. Jadi dengan mempelajari cara sharing file dan folder inipun sangat berguna dan begitu penting sekali untuk mempermudah aktivitas kerjaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *